Home » , » Surfing Efektif Menggunakan Ekstensi Opera

Surfing Efektif Menggunakan Ekstensi Opera

Banjir informasi adalah salah satu konsekuensi bagi para pengguna internet. Tak jarang, mereka mengalami stres karena digelontor ribuan informasi setiap hari baik email, berita, notifikasi, atau informasi lainnya.


Seorang teman bercerita, email pribadinya pernah disesaki 1.700 pesan yang belum terbaca saat kembali dari liburan. Pada kondisi normal pun, Anda pun bisa dijejali ratusan jenis informasi di internet setiap hari. Alhasil, dapat dibayangkan berapa lama waktu yang harus dihabiskan untuk mengakses informasi melalu internet.

Bagi mereka yang sibuk, kehilangan waktu karena kebanjiran informasi tentu harus dihindari. Untuk itu, dibutuhkan trik dan cara tepat menggunakan fasilitas browser agar mengakses informasi efisien dan efektif.

Khusus bagi Anda pengguna Opera desktop browser, memanfaatkan ekstensi (extension) serta beberapa fitur lainnya dapat menjadi solusi agar berselancar di internet menjadi lebih efektif.

Berikut ini adalah tujuh cara untuk memudahkan dan memaksimalkan Opera pada desktop Anda:

1. Gunakan ekstensi pengingat
Saat sibuk berinternet, terkadang Anda bisa melupakan hal-hal kecil, seperti janji bertemu dengan atasan atau melakukan tugas-tugas penting lainnya. Opera menyediakan ektensi 'Simple TODO Manager' yang dapat membantu Anda mengingat tugas yang perlu dilakukan. Ekstensi ini dapat diunduh dan langsung diinstall lewat link berikut: https://addons.opera.com/addons/extensions/details/simple-todo-manager/

2. Ekstensi "To Read Sites"
Bila Anda kebetulan tak punya waktu membaca suatu laman penting secara lengkap tetapi tak ingin melewatkannya, Opera menyediakan ekstensi To Read Sites. Ini sangat berguna untuk mengingat dan membuka kembali laman yang pernah Anda baca.  Anda juga sebenarnya bisa melakukan "bookmark" pada tiap laman, tetapi cara ini tampaknya kurang efektif karena bisa menyita cukup banyak waktu. Ekstensi To-Read dapat diunduh di link berikut: https://addons.opera.com/addons/extensions/details/to-read-sites/

3.  Pengingat password
Seperti halnya browser lainnya, Opera juga memiliki fitur password manager guna memudahkan Anda saat login ke suatu web. Saat memasukkan username dan password pada suatu laman,  klik 'Save' ketika Opera menanyakan apakah Anda ingin menyimpan password. Tentu, hal ini hanya aman bila dilakukan pada komputer pribadi dan bukan komputer publik. Lain waktu Anda mengunjungi suatu website, Anda hanya cukup menekan Ctrl-Enter (atau CMD-Enter pada Mac) dan Anda akan masuk secara otomatis. Satu hal lagi, jika Anda memiliki beberapa komputer misalnya satu di kantor dan satu d rumah, Anda bisa dapat melakukan sinkronisasi password melalui instalasi Opera yang berbeda dengan menggunakan fitur Opera Link.

4. Ekstensi Speed Dial
Dalam versi terbaru Opera, Anda akan mendapat notifikasi ketika tersedia update dari website lain seperti Facebook, Gmail atau Reddit. Update ini tidak mengganggu seperti halnya pop-up di tengah layar, tetapi berupa "update on demand". Bila Anda membuka tab baru di Opera, Anda melihat halaman Speed Dial Opera. Ini berupa jalan  pintas menuju website favorit, tetapi Anda juga dapat menambahkan ekstensi Speed Dial yang menunjukkan update dari situs yang Anda langgan. Klik tombol '+' untuk menambahkan nootifikasi Facebook atau Gmail ke Speed Dial, atau klik 'Get More Extension' untuk melihat ekstensi yang sama. Dapatkan ekstensi speed dial di sini: https://addons.opera.com/addons/extensions/?tag=speeddial&order=popular

5. Menyaring yang tak penting
Bila Anda berlangganan Google Reader untuk menmantau berita terkini, Anda biasanya mengeluhkan begitu banyak artikel yang masuk setiap hari. Akibatnya ada menjadi kebanjiran informasi dan kemungkinan melewatkan berita terpenting. Masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan ekstensi PostRank dari Opera. Ekstensi akan menyoroti entri berita penting dan juga diikuti oleh orang lain. Ekstensi ini berfungsi untuk menyaring artikel populer sehingga Anda cepat menyingkirkan yang tidak penting. Ekstensi ini dapat diperoleh di sini: https://addons.opera.com/addons/extensions/details/postrank-extension/

6. Sinkronisasi informasi
Seperti yang diungkap di atas, Opera Link dapat melakukan sinkronisasi password pada instalasi Opera yang berbeda. Kabar baik lainnya adalah Opera Link juga dapat menyinkronkan properti Opera lainnya seperti bookmark ke ponsel Anda. Caranya, instal Opera Mobile atau Opera Mini dan aturlah Link untuk melakukan sinkronisasi antarperangkat. Sekarang, Anda bisa dengan cepat melakukan bookmark website penting yang tak sempat Anda baca di tempat kerja, dan kini dengan mudah Anda mengaksesnya dari ponsel saat dalam perjalanan pulang atau bersantai di rumah.

7. Banyak fitur lain penyaring informasi
Banyak kelebihan lain yang ditawarkan Opera. Sebut saja built in note take atau kemampuan file sharing di Opera Unite. Atau fitur Turbo untuk mempercepat proses browsing. Atau Anda dapat mengetik 'w' untuk mencari Wikipedia pada 'address field'. Atau membuat jalan pintas pencarian Anda sendiri. Selain itu ada Opera Widget (http://widgets.opera.com) dan tentu saja ekstensi Opera (http://addons.opera.com).
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi / Tehnologi dengan judul Surfing Efektif Menggunakan Ekstensi Opera. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://lintasberita11.blogspot.com/2011/09/surfing-efektif-menggunakan-ekstensi.html. Terima kasih atas kunjungannya!
Share this article :

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2012. Lintas Berita . All Rights Reserved.
Template | Support | Pin Bot | Octa