Home » » Jalan-jalan Ke Markas Besar CIA di Amerika Dan Sejarah Berdirinya

Jalan-jalan Ke Markas Besar CIA di Amerika Dan Sejarah Berdirinya

Badan intelijen pusat (bahasa inggris: central intelligence agency, disingkat CIA) ialah dinas rahasia pemerintah amerika serikat. Dibentuk pada 18 september 1947 dengan penandatanganan nsa (national security act) -- badan keamanan nasional AS -- oleh presiden Harry s. Truman. Saat itu, yang menjadi orang nomor satu dalam CIA ialah letnan jenderal Hoyt s. Vandenberg.

Halaman Markas Besar CIA

Nsa sendiri sudah berganti nama menjadi dci (director of centeral intelligence), yang mengkoordinasi, mengevaluasi, mengkorelasi, dan mengirim para agen CIA termasuk ke luar as untuk menjaga keamanan nasional. Kini CIA dipimpin oleh porter j. Goss. Pada era perang dingin dengan uni soviet, tugas-tugas CIA lebih banyak diarahkan pada kontra-intelijen.

Kini, CIA juga mulai menangani peredaran narkotika, organisasi kejahatan internasional, perdagangan senjata gelap, dan yang paling hangat ialah kontra-teroris. Yang terakhir ini ialah terutama setelah serangan 11 september 2001 yang menghancurkan gedung world trade center.

CIA merupakan kamuflase dari oss (office of strategic services) yang menjadi agen spionase amerika untuk pemenangan perang dunia ii (pd ii). Pada saat pd ii berkecamuk, amerika secara diam-diam mengambil kesempatan dengan membangun kekuatan baru secara rahasia di eropa demi membendung pengaruh komunis.

Kerja keras agen rahasia amerika semakin bertambah, ketika fasis hitler mengalami kekalahan dan diikuti kemenangan dan kemunculan kekuatan sosialis dan komunis di eropa, asia dan amerika latin.

CIA atau central intelligence agency merupakan agen rahasia pemerintah amerika serikat (bin-nya indonesia). Didirikan pada 18 september 1947 sesuai penandatanganan nsa 1947 (national security act) oleh presiden harry s. Truman. CIA membekali para agennya dengan spy-kits, di tangan direktorat sains dan teknologi.

Berbagai peralatan canggih yang pernah dipakai CIA pada masa awal kelahirannya sampai era perang dingin disimpan di museum CIA di mclean, negara bagian virginia. Seperti uang sedolar yang bisa menjadi 'kontainer' dokumen dan mesin, mesin pemecah kode bernama enigma yang disetting untuk memberikan 150.000.000.000.000.000.000 jawaban, mikrodot kamera yang hanya bisa dibaca di bawah mikroskop.




Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi dengan judul Jalan-jalan Ke Markas Besar CIA di Amerika Dan Sejarah Berdirinya. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://lintasberita11.blogspot.com/2011/06/jalan-jalan-ke-markas-besar-cia-di.html. Terima kasih atas kunjungannya!
Share this article :

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Lintas Berita . All Rights Reserved.
Template | Support | Pin Bot | Octa