Home » , » Astronom Temukan Planet Berorbit Terbalik

Astronom Temukan Planet Berorbit Terbalik


Astronom Amerika Serikat (AS) menemukan planet yang memiliki orbit terbalik di sekitar bintang jauh. Planet ini berputar melawan arah orbit bintangnya.

"Planet ini sangat aneh. Bahkan, planet ini lebih aneh lagi mengingat lokasinya yang sangat dekat bintangnya" ungkap astrofisikawan teoritis Frederic A Rasio di Northwestern University.

Bagaimana bisa planet dan bintang memiliki orbit berlawanan? "Ini gila, jelas-jelas melanggar gambaran terdasar planet dan formasi bintang".

Planet raksasa ini disebut 'Yupiter panas'. Planet ini mengorbit dekat bintang pusatnya dan kedekatannya nampaknya terkait orbit berlawanannya. Rasio dan rekannya menggunakan simulasi komputer skala besar guna membuat model gravitasinya.

Selain itu, mereka juga mencari tahu cara planet di bintang jauh ini membuat Yupiter panas memiliki orbit yang sangat dekat dan berlawanan. "Hal ini menjadi menarik karena orbit yang terbentuk tak akan seperti itu selamanya. Orbit planet ini bisa saja berubah".

Kami mengira tata surya merupakan hal umum di semesta. Namun, sejak hari pertama, semuanya tampak aneh di sistem planet luar tata surya, lanjutnya. "Mempelajari sistem lain ini memberi kami konteks betapa unik tata surya kita. Kita benar-benar tinggal di tempat yang khusus," tutupnya.
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Pengetahuan / Informasi dengan judul Astronom Temukan Planet Berorbit Terbalik. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://lintasberita11.blogspot.com/2011/05/astronom-temukan-planet-berorbit.html. Terima kasih atas kunjungannya!
Share this article :

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Lintas Berita . All Rights Reserved.
Template | Support | Pin Bot | Octa