Home » , » Cara Menghitung Jarak Petir Dengan Kita

Cara Menghitung Jarak Petir Dengan Kita

Ketika petir menyambar, terkadang kita ingin tahu berapa jarak petir tersebut dari tempat kita berada, Nah untuk mengetahuinya ada cara mudah dan praktis, cara praktisnya adalah sebagai berikut:

Penjelasan:
• Hitung berapa detik saat anda melihat kilat petir, sampai anda mendengar suara geledek
• lalu bagi 3 untuk mengetahui jarak dalam Kilometer atau bagi 5 untuk mengetahui jarak dalam Mil

Contoh:
Anda melihat kilatan petir, 12 detik kemudian suaranya menggelegar. Jadi jarak petir dengan diri anda adalah 12/3 = 4 km ( ± kurang lebih)

• Ketika kilat menyala, pada saat itu juga kita langsung melihatnya, karena kecepatan cahaya sangat tinggi, 299.792.458 meter perdetik. Hampir tak ada delay untuk mencapai mata kita.
• Tapi, kecepatan suara "hanya" 331 meter perdetik. Alhasil, beberapa saat setelah kilat menyala, suaranya baru menggelegar.
• Oleh karena itu, jarak petir dengan pendengar suara guruh sekitar 1 kilometer setiap tiga detik. Guruh jarang terdengar pada jarak lebih dari 25 kilometer.

http://1.bp.blogspot.com/_ZT8I6Nqe1oU/SZrqdsgqGYI/AAAAAAAAAT0/XuI8Vf0W4xM/s400/kilatan+petir.jpg

Kenapa harus 3 detik?
1km=1000m kecepatan bunyi 331m/detik dikatakan 3 detik=1km misal ada petir 3detik jadi 3detik di kali 331=993 meter hampir 1km saya bulatkan 3=1km biar gampang ngitunngya memang kita bisa itung secara sepontan gitu apa lagi klo liat petir pasti kita panik.harusnya yg paling mendekati yah 3.33 detik tapi biar singkat yah 3 detik.
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Pengetahuan / Informasi dengan judul Cara Menghitung Jarak Petir Dengan Kita. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://lintasberita11.blogspot.com/2011/04/cara-menghitung-jarak-petir-dengan-kita.html. Terima kasih atas kunjungannya!
Share this article :

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Lintas Berita . All Rights Reserved.
Template | Support | Pin Bot | Octa