Home » » Fakta Tentang Sindroma Radiasi Akut

Fakta Tentang Sindroma Radiasi Akut


Sindroma Radiasi Akut (Acute Radiation Syndrome/ARS) ialah kumpulan gejala yang terjadi ketika seluruh atau hampir seluruh tubuh terpapar radiasi dosis tinggi, biasanya paparan bersifat akut (periode singkat).

ARS pernah terjadi pada penduduk di Hiroshima dan Nagasaki sekitar tahun 1940-an setelah peristiwa pengeboman terhadap kedua kota berpenduduk itu.

Seseorang yang terpapar radiasi dikatakan terkena ARS hanya jika:
  • Radiasi dalam dosis/tingkatan yang tinggi (dosis dari prosedur medis seperti Chest X-Ray berpengaruh amat rendah terhadap terjadinya ARS, sedangkan prosedur lain seperti terapi radiasi untuk pengobatan kanker berpengaruh cukup tinggi terhadap terjadinya ARS).
  • Partikel-partikel radiasi menembus organ dalam, dalam artian radiasi terpenetrasi ke dalam tubuh.
  • Radiasi terpapar secara akut dan mengenai seluruh/sebagian besar permukaan tubuh.
Gejala utama dari sindroma ARS ini adalah mual, muntah, dan diare. Gejala-gejala ini dapat terjadi beberapa menit bahkan berhari-hari setelah terpapar radiasi, dan bersifat hilang dan timbul, yang berarti seseorang sewaktu-waktu tidak menampakkan gejala apapun, tetapi di waktu mendatang gejala perlahan-lahan timbul kembali bahkan disertai gejala tambahan seperti hilang nafsu makan, pusing, demam, sampai kejang dan koma. Bila telah mencapai tahap gawat, penyakit ini biasanya terjadi selama beberapa bulan tanpa "hilang dan timbul".

Seseorang dengan ARS juga terkena berbagai kerusakan kulit. Kerusakan dapat berupa bengkak, gatal, kemerahan disertai sensasi terbakar yang dapat terjadi beberapa jam setelah terpapar.

Penderita ARS, kebanyakan meninggal beberapa bulan setelah terpapar. Penyebab kematian terbanyak ialah akibat kerusakan sumsum tulang (penghasil sel-sel darah), yang menyebabkan beberapa komponen darah seperti sel darah putih, trombosit, dan sel darah merah tidak terbentuk sehingga kerentanan terhadap perdarahan dan infeksi kian tinggi.


http://terselubungsekali.blogspot.com/


noreply@blogger.com (www.menjelma.com) 06 Apr, 2011


--
Source: http://www.menjelma.com/2011/04/fakta-tentang-sindroma-radiasi-akut.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Fakta Tentang Sindroma Radiasi Akut. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://lintasberita11.blogspot.com/2011/04/fakta-tentang-sindroma-radiasi-akut.html. Terima kasih atas kunjungannya!
Share this article :

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Lintas Berita . All Rights Reserved.
Template | Support | Pin Bot | Octa