Home » » Cara Agar Laptop Hemat Energi (Hemat Baterai)

Cara Agar Laptop Hemat Energi (Hemat Baterai)

http://www.auliana.com/wp-content/uploads/2011/02/Baterai-Laptop.jpeg

Bagi orang yang mempunyai aktivitas penuh dengan kesibukan pekerjaan atau tugas kantor, tentunya jalan utama untuk mengatasi pekerjaannya saat di luar ruangan adalah dengan membawa laptop. Namun kelemahan dari laptop sendiri adalah tidak bisa digunakan lagi saat energinya habis. Oleh karena itu kita perlu menyiasati agar energinya bisa sehemat mungkin.

Di bawah ini ada sepuluh tips yang dapat Anda gunakan untuk menghemat pemakaian energi pada laptop.


Mengatur Terangnya Layar/Monitor
Perlu di ingat sobat, semakin terang layar/Monitor laptop kita, semakin banyak pula energi yang di keluarkan. Tapi jangan karena hal tersebut kita langsung mensetting cahaya monitor agar gelap. Ini juga salah sob, karena bisa merusak mata. Karena itu, aturlah tingkat terang layar yang sewajarnya saja.

Pilih Sleep Mode
Agar bisa menghemat energi, sebaiknya pengaturan monitor dan hard disk berada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin meninggalkan Laptop sebentar, sebaiknya aktifkan Sleep mode . Namun yang harus anda ketahui adalah, saat mode standby aktif data-data yang belum anda simpan dapat rusak atau hilang kalau Laptop anda mengalami kerusakan. Sebaiknya simpan dahulu data atau dokumen anda sebelum anda mengaktifkan sleep modei.

Charge Sampe Penuh
Jika anda men-charge baterai laptop, pastikan proses charge-nya selesai. Karena proses charge yang dilakukan setengah-setengah lalu dilanjutkan kembali, itu malah akan menghabiskan banyak energi. Jika anda ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambaha. Untuk menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature Hibernate/Suspended atau gunakan soket listrik yang dihubungkan ke stopkontak.


Jika saat anda menggunaka laptop dan saat itu anda memasukkan salah satu ke port USB di laptop, sebaiknya kalau sudah selesai langsung dilepaskan saja. Karena peralatan yang masih tertancap di port USB, itu juga dapat menghabiskan tenaga pada laptop anda. Sebaiknya lepaskan alat tersebut bila pemakainnya dirasa sudah cukup.


Power Management
Biasanya produsen-produsen laptop juga menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna sekali bagi para konsumen laptop, karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Di software ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energi lain yang sedang digunakan oleh laptop. Di antaranya mengetahui kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai. Software ini sekaligus dapat menjadi pengawas bagi kita dalam menggunakan laptop.
http://www.cimohongku.co.cc/2011/04/cara-agar-laptop-hemat-energi-hemat.html


noreply@blogger.com (www.menjelma.com) 06 Apr, 2011


--
Source: http://www.menjelma.com/2011/04/cara-agar-laptop-hemat-energi-hemat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Cara Agar Laptop Hemat Energi (Hemat Baterai). Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://lintasberita11.blogspot.com/2011/04/cara-agar-laptop-hemat-energi-hemat.html. Terima kasih atas kunjungannya!
Share this article :

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Lintas Berita . All Rights Reserved.
Template | Support | Pin Bot | Octa