Home » » Air Susu Ibu

Air Susu Ibu


http://2.bp.blogspot.com/_OsaEvOWOntI/R_8MQMn0-II/AAAAAAAAAyo/u24r10UZKA4/s400/b_.jpgASI adalah cairan menyerupai susu yang bernilai gizi dan nutrisi yang berasal dari seorang ibu untuk keperluan makan dan minum bayi. Pada periode awal setelah melahirkan, ibu akan dapat mengeluarkan ASI melalui puting susunya (biasanya hari ke-3 atau ke-4). ASI yang diberikan kepada bayi tanpa ada tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih, serta tanpa makanan padat termasuk makanan pendamping seperti pepaya, pisang, bubur susu, bubur nasi, biskuit, dan tim disebut ASI eksklusif.

Seorang ibu secara alami menghasilkan ASI segera setelah melahirkan buah hatinya meski biasanya belum bisa dikeluarkan lewat puting susu. ASI diproduksi oleh alveoli yang merupakan bagian hulu dari pembuluh kecil air susu. ASI merupakan makanan paling cocok bagi bayi karena mempunyai nilai gizi tertinggi dibandingkan semua makanan bayi yang pernah dibuat oleh manusia dengan segala teknologi modernnya ataupun yang secara alami ada pada susu hewan, seperti susu sapi, susu kerbau, atau susu kambing.

ASI diberikan kepada bayi sampai ia berumur 6 bulan. Setelah melewati masa 6 bulan tersebut, dibarengi dengan pemberian makanan pendamping ASI hingga periode 18 bulan ke depan. Hal ini merupakan suatu fakta ilmiah yang telah ditemukan bahwa menyusui bayi selama dua tahun setelah kelahiran sungguh amat bermanfaat ditinjau dari segala aspek terutama kesehatan bayi. (Tinjauan pustaka: adopsi dari Rex D. Russell, "Design in Infant Nutrition)

Pemberian ASI secara penuh sangat dianjurkan oleh para ahli gizi seluruh dunia. Dengan segala pengetahuan berteknologi canggih sekalipun, manusia tidak mampu membuat susu formula yang dapat menggantikan perlindungan kekebalan tubuh seorang bayi seperti yang diperoleh dari kolostrum, yaitu ASI yang dihasilkan selama beberapa hari partama setelah kelahiran. Itulah sebabnya pemberian ASI pada minggu-minggu pertama mempunyai arti amat penting bagi perkembangan bayi selanjutnya. Merupakan anugerah tidak tertandingi dari Tuhan kepada ibu dan bayi bahwa segala zat yang ada pada ASI ialah berguna bagi sang bayi.


http://mrcoppas.blogspot.com/

noreply@blogger.com (www.menjelma.com) 08 Apr, 2011


--
Source: http://www.menjelma.com/2011/04/air-susu-ibu.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Air Susu Ibu. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://lintasberita11.blogspot.com/2011/04/air-susu-ibu.html. Terima kasih atas kunjungannya!
Share this article :

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Lintas Berita . All Rights Reserved.
Template | Support | Pin Bot | Octa